Model Lampu Ruang Tamu Sederhana

Model Lampu Ruang Tamu Sederhana

Ruang tamu menjadi ruang yang paling publik pada sebuah rumah. Jelas akan banyak pertimbangan Anda dalam menentukan dekorasi, salah satunya pemilihan model lampu. Pemilihan yang tepat akan menjadikan kepercayaan diri si empunya rumah saat ada kunjungan. Lampu menjadi daya tarik tersendiri, selain sebagai sumber pencahayaan juga bisa dimanfaatkan sebagai komponen artistik.

Sebelum mencari tahu model lampu ruang tamu sederhana yang cocok dengan ruang tamu Anda, perlu diketahui dulu apa saja jenis pencahayaan ruang tamu itu. Pengetahuan tersebut akan membantu Anda memasangkan dengan desain interior, bentuk bangunan, dan dekorasi lainnya.

Pencahayaan Ruang Tamu

Anda bisa memilih satu model pencahayaan ruang tamu maupun lebih, meskipun disandingkan satu dan lainnya bisa saling melengkapi.

  • Ambient

Pencahayaan yang dimaksudkan ialah pencahayaan total atau mampu menerangi setiap sudut ruang tamu. Bisa dikatakan menjadi pencahayaan utama, biasanya pada model rumah lawas jenis pencahayaan ini yang dipakai, karena tidak memperhitungkan nilai estetika hanya berporos pada ruang tamu yang terang.

  • Task

Lampu task ini merupakan lampu sorot, difungsikan sebagai dekorasi tambahan untuk menyorot hal-hal yang ingin ditonjolkan. Biasanya dipakai untuk menyorot lukisan, foto, atau piagam yang diletakan pada ruang tamu. Task akan membantu Anda pamer sesuatu kepada tamu, atau hanya sakadar ingin mengingatkan suatu momentum di ruang tamu.

Lampu jenis task di ruang tamu juga bisa dimaksimalkan sebagai sorot pot tanaman hias yang sengaja di letakan pada setiap sudut ruang. Adanya bantuan cahaya lampu task di malam hari membuat tanaman serasa hidup, sehingga kesan segar akan didapat di ruang tamu.

  • Accent

Seperti namanya, lampu yang dimaksud hanya dijadikan sebuah aksen di ruang tamu. Cocok bagi ruang tamu yang memiliki rak-rak miniature patung dan sebagainya. Rak yang memanjang akan semakin nampak dengan lampu jenis ini. Memanfaatkan lampu dengan cahaya kuning redup, menampilkan aksen hangat.

Model Lampu

Screenshot_1

Bila anda ingin mengambil ambient sebagai model lampu ruang tamu sederhana, Anda wajib selektif dalam memilihnya supaya tidak menjadi terlalu sederhana dan membosankan. Keinginan simpel tersebut akan tercapai dengan memanfaatkan jenis lampu gantung yang bertegangan tinggi untuk menjamin keterangan cahaya yang dihasilkan.

Letakan lampu gantung tepat di tengah ruangan, bisa satu maupun dua. Model lampu gantung sekarang ini sangat bervariasi. Bila ruang tamu Anda sempit dan berbentuk simetris, bisa memanfatkan model lampu gantung yang geometris bukan bulat. Pola tegas geometris sangat membantu ruang tamu menjadi mewah dengan kesan minimalis.

Semisal tipe ambient dirasa sangat sepi, Anda juga bisa menambahkan lampu task seperti lampu meja. Model lampu meja cocok diletakan di sudut ruang maupun samping sofa ruang tamu. Pada meja letakan potret maupun tanaman sebagai dekorasi tambahan. Pilihlah lampu meja yang senada dengan lampu utama, bentuknya maupun aksesorisnya.

Lampu meja disarankan yang cahayanya redup, yang bisa dimanfaatkan sebagai pencahayaan ruang tamu ketika malam hari. Bentuk mejanya yang digunakan pun bisa dipilih sesuai kebutuhan, bila Anda ingin menambahkan buku sebagai dekorasi ruang tamu sangat disarankan untuk tidak menambah meja lagi namun menggunakan meja lampu yang meninggi, sehingga dapat memaksimalkan ruang.

Contohnya meja lampu berbentuk X, bagian paling bawah dapat digunakan sebagai tempat buku bacaan dan paling atas ditempati oleh lampu meja. Simpel nan mewah bukan. Untuk lampu accent biasanya diwujudkan dalam model lampu tanam, cocok bagi yang struktur atap dan tembok ruang tamu yang bertingkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *