Tipe dan Jenis Mata Gerinda

Tipe dan Jenis Mata Gerinda

Ada banyak tipe dan jenis mata gerinda dengan fungsinya yang berbeda-beda, sesuai dengan tipe dan juga jenis yang ada. Mata gerinda sendiri biasanya disebut sebagai angel grinder, untuk mengasah, menghaluskan dan untuk mempertajam benda. Fungsi tersebut bisa disesuaikan dengan jenis dan juga tipe dari mata gerinda itu sendiri untuk membantu kebutuhan Anda.

Tipe dan Jenis Mata Gerinda yang Sesuai Kebutuhan

Umumnya gerinda digunakan untuk mempertajam pisau, dan juga jenis benda tajam lainnya, namun tidak hanya itu fungsi lainnya bisa Anda dapatkan dari gerinda ini. Adanya jenis yang sesuai membuatnya lebih mudah digunakan, untuk membantu pekerjaan Anda. Berikut ini adalah beberapa jenis mata gerinda yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Batu Gerinda Potong (Cutting Whell)

Batu gerinda potong memiliki bentuk yang berbeda dari bentuk lainnya yaitu datar, dan memiliki ketebalan 3mm hingga 8mm. Gerinda ini memiliki fungsi untuk memotong benda logam, dengan ukuran ketebalan yang mulai dari 3 mm hingga 8mm. Gerinda ini memiliki fungsi untuk memotong benda logam seperti baja, besi, dan juga stainless, dengan menyesuaikan spesifikasi pada produk.

Batu Gerinda Khusus Asah (tipe Grinding Whell)

Jenis batu gerinda ini cukup banyak dibutuhkan dalam keperluan untuk membuat suatu logam, yang dapat membantu pengerjaan Anda. Batu ini dapat mengikis permukaan pada suatu logam pada baja, besi dan juga logam lainnya. Anda bisa melihat spesifikasi kegunaannya dari label yang ada di bagian atas dari produk tersebut.

Gerinda Susun (Flap Disc)

Gerinda susun atau tipe flap disc ini biasa digunakan untuk mengikis suatu permukaan pada logam, dan juga pada permukaan material jenis kayu. Alat ini sendiri biasanya akan memberikan hasil finishing pada sebuah permukaan logam atau kayu menjadi lebih halus dan bersih. Jika terdapat bintik-bintik pada logam atau kayu, gerinda ini bisa mengikis dan menghilangkan bintik tersebut.

Umumnya jenis mata gerinda yang di atas adalah jenis dan tipe yang paling sering digunakan pada kebutuhan untuk pekerjaan Anda. Masih ada banyak tipe dan jenis mata gerinda yang bisa Anda gunakan, tentunya dengan fungsinya yang dapat Anda sesuaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *