Cara Membuat Adonan Semen yang Baik

Cara Membuat Adonan Semen yang Baik

Ada banyak pertanyaan mengenai cara membuat adonan semen yang baik, hal ini karena adukan semen sering menjadi masalah. Jika cara pengadukan tidak sesuai dan tidak benar maka akibatnya akan berpengaruh pada hasil yang berkualitas buruk. Biasanya masalah seperti ini terjadi karena kesalahan teknis, yang akhirnya semen menjadi kurang kuat, rapuh, atau pecah.

Cara Membuat Adonan Semen yang Baik dan Kuat

Umumnya adukan semen dibagi menjadi dua bagian atau dua jenis untuk pembangunan rumah, dan lainnya. Jenis yang pertama yaitu adonan yang digunakan untuk spesi atau perekat, dengan campuran dari semen dan juga pasir. Sedangkan yang ke dua adukan untuk beton, terdiri dari pasir, semen dan batu giling (split), untuk membuat keduanya dibutuhkan cara yang benar seperti berikut.

Gunakan Takaran Sesuai

Setiap adonan semen memiliki takaran dan bahannya sendiri, misalnya takaran ideal untuk perekat yaitu 1:2 untuk takaran semen 1, dan untuk pasir bertakaran 2. Jika takaran yang digunakan sesuai hasilnya semen perekat menjadi lebih kuat, dan kokoh yang nantinya tidak akan berlubang karena cuaca. Adonan semen yang sedikit dikhawatirkan adonan menjadi mudah rapuh dan tidak kuat.

Campuran Air yang Tidak Berlebihan

Saat Anda mengaduk semen sebaiknya jangan menggunakan air yang terlalu banyak, sehingga semen menjadi tidak kokoh dan cepat rapuh. Terlalu banyak air akan membuat semen menjadi berongga, dari rongga kosong seperti ini yang menyebabkan semen retak. Air yang terlalu sedikit juga tidak bagus sehingga Anda harus menyesuaikannya dengan ukuran faktor air semen.

Perhatikan Campuran Material Semen

Campurkan dan aduk semen, pasir, dan kerikil sebelum memberikan air ke dalam, ini merupakan metode yang baik. Ketika Anda mencampur semuanya secara bersamaan, hasil yang didapatkan dari campuran material akan tidak bagus.

Penjelasan yang disampaikan di atas merupakan suatu metode mudah yang bisa Anda lakukan saat membuat adonan semen. Selain itu cara membuat adonan semen yang baik di atas dapat membuat adonan semen menjadi rata sempurna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *