Apa Perbedaan Granit Dan Keramik

Apa Perbedaan Granit Dan Keramik

Saat mendekor sebuah ruangan atau bangunan, selain memilih desain pada dinding dalam menyempurnakan konsep yang ditentukan, memilih desain lantai tidak kalah penting. Desain lantai akan sama-sama melengkapi eksekusi konsep. Contohnya, hunian tempat tinggal. Terdapat dua jenis material untuk lantai, granit dan keramik. Apa perbedaan granit dan keramik serta mana yang paling cocok untuk digunakan?

Mengamati Karakter Masing-Masing Material

Agar lebih memudahkan Anda dalam memilih material lantai yang paling tepat, pahami beberapa fakta mengenai perbedaan granit dan keramik berikut ini.

  • Pilihan Variasi Desain Keramik Lebih Beragam

    Perbedaan dari granit dengan keramik pertama ialah dalam hal variasi yang ditawarkan di pasaran. Pilihan variasi untuk keramik jauh lebih banyak sehingga Anda bisa memilih desain keramik yang sesuai kebutuhan. Khususnya ketika ingin fokus memberi efek tampilan berbeda dalam ruangan tertentu.

  • Granit Memiliki Tingkat Ketahanan Lebih Lama

    Apa perbedaan granit dan keramik berikutnya? Bila keramik lebih unggul di variasi desain, granit unggul di tingkat ketahanannya yang lebih kokoh dan kuat. Sehingga lantai dengan material granit akan lebih tahan lama dibandingkan keramik dalam penggunaannya.

  • Pertimbangkan Harga dan Biaya Instalasi Antara Keduanya

    Lalu bagaimana dengan harganya? Harga granit sedikit lebih tinggi dibandingkan keramik. Namun terdapat juga produk keramik kualitas super yang dibandrol dengan harga tidak kalah tinggi. Perbedaan yang bisa menjadi bahan pertimbangan lain ialah biaya instalasinya. Biaya instalasi lantai granit lebih mahal dibandingkan keramik. Sebab membutuhkan teknik khusus dan tingkat ketelitian yang tinggi.

  • Bisa Disesuaikan Kebutuhan

    Baik granit maupun keramik, sebenarnya bisa saja divariasikan dengan menggunakan keduanya. Misalnya mengaplikasikan granit pada area-area ruangan rumah yang perlu ketahanan lebih kuat di bagian lantainya.
    Begitu pun sebaliknya. Material keramik bisa diaplikasikan pada area-area yang bersifat lebih ‘santai’ dan membutuhkan kesempurnaan desain.

Dari informasi singkat seputar apa perbedaan granit dan keramik di atas, keduanya memiliki karakter cukup berbeda jauh, meski fungsinya tidak berbeda. Jadi dalam penggunaannya bisa berupa menyesuaikan karakter material dengan kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *