Tips Hindari Atap Rumah Bocor Saat Masuk Musim Hujan

Tips Hindari Atap Rumah Bocor Saat Masuk Musim Hujan

Musim hujan telah tiba. Satu masalahan yang sering muncul ketika memasuki musim ini ialah bocornya atap rumah. Meski ketika datang hujan beberapa kali atap rumah baik-baik saja, bisa berbeda jadinya jika sudah masuk musim hujan yang mana cenderung lebat dan terus-menerus. Tips agar rumah tidak bocor di bawah ini bisa Anda coba lakukan sebelum hujan deras tidak henti di akhir tahun datang.

Berjaga-Jaga Agar Tidak Bocor dan Mengganggu Kenyamanan

  • Periksa Kondisi Atap Rumah dan Genteng
    Sebelum hujan deras yang tidak henti datang, periksalah kondisi atap dan genteng rumah dari sekarang. Coba cek apakah ada bagiannya yang berubah posisi. Biasanya posisi genteng bisa berubah atau bahkan retak karena ada banyak kucing liar yang bisa berlari-lari di atasnya. Bagian atap rumah ini juga bisa saja rusak akibat lapuk atau karena faktor usia bangunan.

  • Mengganti Material yang Rusak dan Berisiko
    Berikutnya dalam tips agar rumah tidak bocor saat musim hujan ialah dengan mengganti dan perbaiki material yang rusak tersebut. Jadi, ketika telah memeriksanya dan mengetahui bagian mana yang harus diganti, serta bagimana yang lebih baik diganti karena berisiko, gantilah. Pemilihan material bahan dari bagian atap rumah tersebut juga patut diperhatikan. Sangat disarankan memilih material bahan perlengkapan atap rumah berkualitas agar tidak cepat rusak dan berfungsi baik.

  • Perhatikan Rembesan Air yang Terkadang Muncul
    Selama ini mungkin Anda menyadari ada rembesan yang menembus bagian platfoarm. Walau tidak sampai bocor, rembesan itu adalah tanda bahwa ada bagian atap seperti genteng yang berubah posisi, atau pun rusak. Maka perhatikan rembesan-rembesan yang terlihat.

  • Cek Bagian Rumah yang Kemungkinan Membawa Air Hujan Masuk
    Tips terakhir, air hujan yang deras dan lebat biasanya juga berpotensi masuk melalui celah di bagian-bagian rumah yang bolong. Anda bisa tutup atau cara lain untuk minimalisir air hujan masuk dari celah dan bolongan tersebut dengan cara melapisi atap menggunakan cat anti bocor yang bisa di dapatkan di Depo Bagoes Bangunan .

Tips agar rumah tidak bocor tambahan adalah dengan rutin cek kondisi rumah dan usahakan bisa perbaiki kerusakannya, sekecil apa pun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *