Beragam Tipe dan Jenis Cat Untuk Tembok

Beragam Tipe dan Jenis Cat Untuk Tembok

Dalam menyempurnakan desain bangunan, peran cat tembok sangat penting sekali. Bukan hanya dari segi pemilihan warna, tipe dan jenis cat pun harus ditentukan. Perbedaan setiap tipe atau jenis ini sebagian besar bisa langsung terlihat dari hasil final pengaplikasiannya.

Kali ini Depo Bagoes Bangunan akan memberikan penjelasannya, agar lebih mudah menentukan cat tembok seperti apa yang paling cocok, berikut beberapa tipe dan jenis yang disesuaikan dengan karakter cat tersebut.

Dibedakan Sesuai Dengan Karakternya

Karakter-karakter dari cat yang memengaruhi tipe juga jenis meliputi:

Glossy

Sesuai dengan sebutannya, karakter cat ini memberi hasil ‘berkilau’. Terdapat dua macam pada cat ini yaitu glossy dan semi glossy. Cat glossy lebih pas diaplikasikan pada tembok bagian luar bangunan supaya karakter berkilaunya bisa terlihat lebih maksimal, hasil kilauan pantulan cahaya matahari.

Cat glossy juga mudah untuk dibersihkan jika terkena noda. Maka terkadang cat jenis ini digunakan pada tembok yang mudah lembap atau mudah terciprat air. Contohnya tembok kamar mandi.

Satin

Tipe dan jenis cat kedua adalah satin. Karakter cat ini sekilas tampak hampir sama dengan glossy, namun tidak begitu berkilau. Permukaan hasil dari cat ini lembut bila disentuh. Cat satin mudah dibersihkan dan pas diaplikasikan pada desain ruangan dalam bangunan. Seperti ruang tidur.

Eggshell

Sebutan eggshell ini fokus kepada hasil aplikasi cat dengan tipe karakter ini yaitu tampilan menyerupai kulit telur. Permukaannya tidak seluruhnya halus, terdapat sedikit tekstur. Ketika terkena pantulan cahaya cat eggshell juga tidak memberi hasil mengkilap. Oleh karenanya, cat eggshell lebih cocok digunakan pada desain interior ruangan.

Doff/Matte

Doff atau matte benar-benar menggambarkan karakter tipe cat satu ini. Sekilas cat ini mampu memberi kilap dari pantulan cahaya, namun ketika diraba permukaannya halus tanpa licin. Sehingga tampilan yang dihasilkan berupa menyatunya cat pada media dinding. Cat berkarakter doff atau matte cocok diaplikan pada desain interior maupun desain eksterior.

Penggunaan tipe dan jenis cat dengan mengikuti karakternya bisa disesuaikan dengan kebutuhan, serta konsep desain ruangan dan bangunan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *