Tips Mudah Mengatasi Nat Keramik Kamar Mandi Yang Bocor

Tips Mudah Mengatasi Nat Keramik Kamar Mandi Yang Bocor

Tips Mudah Mengatasi Nat Keramik Kamar Mandi Yang Bocor

Nat adalah bagian bagian cela yang terdapat di antara keramik. Selain dapat mempercantik keramik nat juga berfungsi sebagai perekat antara keramik satu dengan keramik lainnya. Namun pada ruang ruang yang basah seperti kamar mandi dan toilet nat juga berfungsi sebagai penahan air agar tidak rembes atau bocor. Kebocoran nat pada ruang tersebut dapat membuat air air yang seharusnya mengalir menjadi menyerap ke dalam lantai yang akan beresiko membuat air menjadi tergenang.

Namun bagaimana jika hal tersebut sudah terlanjur terjadi di rumah anda.? Jika anda mengalami masalah dengan nat yang bocor, kami punya beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menangani hal tersebut. Agar lebih jelasnya silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Memperbaiki Nat Keramik Kamar Mandi yang Bocor

Sebagian besar, nat yang bocor pada kamar mandi biasanya disebabkan oleh faktor usia nat yang sudah terlalu lama yang dimana nat secara perlahan terkikis dan pada akhirnya akan menjadi bocor. Terkikisnya nat karena faktor usia tidak hanya terjadi pada lantai kamar mandi saja melainkan juga kerap terjadi pada nat nat ruangan rumah lainnya.

Selain faktor usia, aktivitas serangga yang bersarang di tanah juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kebocoran pada nat keramik. Bersarangnya serangga di balik nat biasanya disebabkan oleh pemasangan keramik yang kurnag teliti sehingga menyebabkan terdapatnya ruang pada nat yang mudah dijadikan sarang oleh serangga.

Untuk memperbaiki nat kamar mandi yang bocor caranya cukup mudah yaitu dengan dengan memastikan terlebih dahulu apakah keramik benar benar terisi penuh atau menempel dengan baik pada permukaan.

Untuk mengetahui keramik menempel dengan sempurna atau tidak, anda dapat melakukannya dengan cara mengetuk keramik, jika keramik terisi dengan penuh maka tandanya keramik melekat dengan baik sehingga anda hanya perlu menambahkan nat pada bagian yang belubang saja, namun jika keramik diketuk menandakan ada ruang kosong maka mau tidak mau keramik harus dibongkar karena besar kemungkinan ada serangga yang bersarang di sana.

Jika keramik mau tidak mau di bongkar maka berhati hatilah dalam membongkarnya agar tidak merusak keramik yang lainnya. Untuk pembongkaran anda bisa mulai dari bagian nat yang dapat anda kerok secara perlahan untuk membentuk cela pada sisi sisi keramik agar mudah dicongkel.

Jika keramik sudah terlepas maka bersihkan permukaan lantai sampai hingga ke dasar agar nantinya bisa digantikan dengan semen yang baru dan padat.

Untuk pemilihan nat sebaiknya anda menggunakan nat waterproof agar lebih awet dan tahan lama dan sebaiknya anda menggunakan nat waterproof agar lebih awet dan tahan lama dan terutama untuk nat pada kamar mandi dan toilet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *