5 Tips Membeli Rumah Bekas agar Tak Rugi

5 Tips Membeli Rumah Bekas agar Tak Rugi

Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok semua orang. Memiliki rumah indah dan mewah tentunya menjadi harapan semua orang, namun seiring dengan keterbatasan ekonomi membuat beberapa orang lebih memilih rumah bekas daripada harus mendirikan rumah baru yang pasti akan membutuhkan cukup banyak biaya.

Namun membeli rumah bekas haruslah berhati hati dan teliti karena jika anda membeli rumah bekas sembarangan dapat beresiko merugikan anda. Agar anda jauh dari rugi simak 5 tips membeli rumah bekas agar tak rugi berikut ini

Teliti
Teliti merupakan hal dasar yang harus anda lakukan saat membeli rumah bekas. Jangan terburu buru dalam membeli rumah karena anda harus mengecek kondisi rumah secara perlahan baik dari segi fisik rumah hingga surat rumah apakah semuanya dalam kondisi baik yang tidak memungkinkan anda mengeluarkan biaya lagi untuk mengurusnya.

Periksa lingkungan
Sebelum anda membeli rumah pastikan memeriksa lingkungan sekitar karena lingkungan merupakan hal yang akan sangat mempengaruhi kenyamanan anda saat tinggal dirumah tersebut. Belilah rumah yang berada di dalam lingkungan yang aman demi menghindari hal hal yang dapat mengganggu kenyamanan anda saat tinggal di rumah tersebut.

Periksa broker
Membeli rumah dengan perantara atau broker mungkin dapat membantu anda untuk mengetahui kondisi sekitar dari rumah yang akan anda beli. Melalui agen, anda juga dapat mencari info mengenai rumah yang lebih baik lainnya.

Cek legalitas
Membeli rumah bekas memang dapat beresiko maka untuk meminimalkan resiko pastikan bahwa anda mengecek semua surat surat mengenai rumah seperti sertifikat, bukti pajak, IMB dan lain sebagainya. Anda juga dapat meminta bantuan kepada kerabat atau orang orang yang dapat membantu anda untuk membalik nama rumah yang hendak anda beli tersebut agar nantinya jika bermasalah, anda memiliki bukti yang sah.

Kondisi rumah
Sebelum anda memutuskan untuk membayar rumah sebaiknya anda sudah memastikan atau mengecek rumah tersebut sebelum anda membayarnya. Pastikan bahwa rumah sesuai antara kondisi dengan harga jualnya. Hindari membeli rumah dengan kondisi yang buruk dan harga yang mahal karena hanya akan membuat anda rugi atas biaya perbaikannya nanti.
Itulah 5 tips membeli rumah bekas agar tak rugi dan semoga dengan membaca artikel ini anda dapat menjadi lebih berhati hati dalam membeli rumah bekas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *