5 Tips Bikin Ruang Kerja di Rumah Lebih Ergonomis

5 Tips Bikin Ruang Kerja di Rumah Lebih Ergonomis

Sejak pademi covid 19 membuat sebagian orang harus bekerja dari rumah dikarenakan keterbatasan dalam beraktifitas telah dibatasi oleh pemerintah.

Bekerja dari rumah juga membuat beberapa orang merasa tidak nyaman dikarenakan fasilitas yang tidak memadai seperti meja kerja, ruang kerja dan lain sebagainya, namun dikarenakan prosedur yang harus anda taati maka mengharuskan anda untuk mengatur dan menata ruang kerja sendiri di rumah. Berikut ini beberapa tips membangun ruang kerja di rumah agar ergonomis, nyaman dan sehat digunakan.

Sesuaikan Dengan Postur Tubuh

Agar anda mampu membangun ruang kerja yang ergonomis, anda dapat memulainya memilih fasilitas kerja seperti kursi dan meja dengan ketinggian yang dapat menjamin anda merasa nyaman baik saat duduk ataupun saat berdiri dari tempat kerja.

Tinggi Meja

Tinggi meja juga penting anda perhatikan untuk menciptakan kenyamanan bekerja. Agar meja sesuai dengan postur tubuh sebaiknya cobalah anda duduk pada sebuah bangku yang akan anda gunakan dan perkirakanlah tinggi meja yang anda butuhkan agar nyaman untuk bekerja.

Pilih Kursi Yang Tepat

Tidak hanya menyesuaikan meja saja karena anda juga harus menyesuaikan kursi yang anda gunakan yang tentunya kursi yang sesuai dengan meja kerja yang anda gunakan. Hindari penggunaan kursi yang memiliki ketinggian hampir sama dengan meja karena hal tersebut akan mengharuskan anda untuk membungkuk saat bekerja. Pilihlah kursi yang dapat menjamin kenyamanan anda selama bekerja.

Tingkat Cahaya

Selain dari postur tubuh, bangku dan meja, anda juga harus memaksimalkan pencahayaan di dalam ruang kerja anda. Aturlah tingkat cahaya yang sesuai dengan kebutuhan saja, jangan mengatur cahaya yang terlalu terang jika anda bekerja di depan laptop dan jangan mengatur cahaya yang terlalu redup yang hanya akan membuat anda merasa kesulitan untuk melihat.

Luangkan Waktu Untuk Beristirahat

Beberapa orang terkadang memiliki semangat kerja yang cukup besar namun belum tentu kemampuan fisiknya dapat mengimbangi semangatnya. Maka dari itu beristirahatlah sejenak saat anda merasa lelah dan jangan terlalu memaksakan diri untuk bekerja karena hal tersebut hanya akan menurunkan fokus anda untuk bekerja sehingga akan berkemungkinan anda akan melakukan kesalahan saat bekerja.

Itulah beberapa tips bikin ruang kerja di rumah lebih ergonomis, nyaman dan sehat dan semoga dapat membantu anda menjadi lebih nyaman saat harus bekerja di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *