9 Tips Agar Rumah Kayu Tidak Diserang Rayap

Rumah kayu merupakan rumah yang memiliki kenyamanan yang menawan .  suhu di dalam ruangan rumah kayu akan selalu sejuk dan juga hangat ,  rumah kayu memiliki seni yang artistic bagi yang suka seni.  Tetapi rumah kayu memiliki kendala yang sering dikhawatirkan yaitu di musim hujan  tiba.   Biasanya binatang rayap cepat sekali berkembang biak di musim ini . yang makanan binatang rayap adalah kayu  dan kayu yang ada di dalam rumah seperti kusen , plafon , dan semua yang berbahan kayu akan dimakan oleh rayap.

Agar kayu-kayu yang berada dirumah kita terhindar dari serangan binatang rayap .  kita wajib merawatnya. Caranya sebagai berikut.

  1.       Melindungi bangunan

Selalu  menyemprotkan cairan untuk anti rayap pada seluruh bahan kayu yang berada di dalam rumah kita supaya rayap tidak mudah memakan kayu-kayu milik kita. Kalau kalian belum mengetahuinya bisa di tanyakan kepada ahlinya.

  1.       Saluran air dibersihkan dengan rutin,

Binatang rayap sangat senang dengan suhu yang lembab dan sesuatu yang berbahan air.  Talang rumah selalu rutin untuk dibersihkan  dan daun-daunan kering atau sampah –sampah yang ada di talang seringlah dibersihkan dan juga jika ada selokan  kalian perlu membersihkannya juga.

  1.       Memperbaiki keran yang bocor

Jika di dalam rumah kalian memiliki keran yang bocor, segeralah untuk memperbaikinya. Supaya rayap tidak berdatangan.

  1.       HIndari tumpukan kayu.

Jika kalian memiliki bahan –bahan bangunan kayu yang masih tersisa, selalu simpanlah di tempat yang kering dan juga tertutup rapat.

  1.       Pakailah kayu yang berkualitas

Dalam memilih kayu untuk kita pasang di rumah kita, seperti kusen, jendela dan yang lainnya. Pastikan selalu memakai kayu yang memiliki kualitas yang baik. Umumnya kayu yang memiliki  harga yang mahal, memiliki kualitas yang bagus. Jangan pernah terpengaruh sama harga kayu yang ditawarkan murah.

  1.       Selalu bersihkan lubang ventilasi

Selalu memeriksa secara rutin lubang ventilasi udara yang berada di rumah. Dan selalu kalian bersihkan secara rutin. Karena   jika ada serpihan kayu yang biasa berada di lubang ventilasi yang berbahan kayu dan kalian tidak segera untuk bersihkan . itu bisa mengundang rayap berdatangan . jika  diperlukan pasanglah kawat kasa supaya rayap tidak bisa masuk ke dalam rumah.

  1.       Rutin membersihkan gudang

Gudang biasanya salah satu ruangan yang paling jarang kita perhatikan. Gudang sebaiknya dibersihkan secara rutin. Setidaknya satu bulan sekali atau satu bulan dua kali dibersihkan . supaya kita bisa mengetahui apakah ada rayap yang masuk. Jika ada kita bisa langsung mengantisipasinya. Berilah penerangan yang cukup dan  perlu juga membuka pintu gudang beberapa menit dalam sehari.

  1.       Jangan membangun rumah di lahan yang bekas kebun atau hutan.

Rayap yang berkembang biak di tanah sangat sering terlihat di tanah bekas kebun atau hutan. Ini suatu hal yang wajar dikarenakan  tanah pada kebun dan juga hutan terkandung sumber makanan yang paling disukai rayap.

  1.       Berikan cahaya yang maksimal

Selalu berikan cahaya yang maksimal, karena rayap tidak suka dengan tempat yang terang.  Buatlah jendela yang besar , supaya sinar matahari bisa menerangi keseluruhan  dalam rumah.

Begitulah  9 tips Agar Rumah Kayu tidak Diserang Rayap. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *