Menanam Sayur Dan Buah Hidroponik Sendiri Di Rumah

Menanam Sayur Dan Buah Hidroponik Sendiri Di Rumah

Hidroponik merupakan sistem menanam menggunakan media air. Kehadiran sistem ini memberi solusi bagi Anda yang ingin berkebun dan tidak memiliki lahan yang luas. Namun, hanya tanaman buah dan sayuran saja yang  cocok untuk ditanam menggunakan hidroponik. 

Cara Menanam Sayuran Dan Buah Hidroponik

  • Menyiapkan Alat Dan Bahan

Hal-hal yang harus Anda siapkan antara lain paralon berdiameter 3 inci, penutup paralon, pipa penyambung, gelas plastik, gergaji, pompa aquarium, selang, spons, alat bor, air dan bibit tanaman. 

  • Melubangi Paralon

Paralon Anda potong sepanjang area pekarangan yang tersedia. Kemudian, permukaan paralon dilubangi menggunakan bor, ukurannya menyesuaikan gelas plastik yang digunakan. Anda beri jarak antara satu lubang dengan lubang yang lain sekitar 15 hingga 20 cm. 

Tujuannya agar tanaman tidak saling berhimpitan satu sama lain. Anda lakukan hal yang sama untuk semua paralon. Setelah itu, Anda hubungkan satu paralon dengan paralon lainnya menggunakan pipa penyambung dan beri penutup paralon pada kedua ujungnya.

  • Melubangi Gelas Plastik

Gelas plastik dilubangi kemudian dimasukkan ke dalam lubang pada paralon. Anda sisakan satu lubang sebagai jalan untuk memasukkan pupuk cair. 

  • Memilih Metode Pengairan

Ada dua metode yang digunakan untuk pengairan, yaitu drip system dan sistem sumbu. Apabila Anda memakai drip system, maka memerlukan pompa air dan selang yang berfungsi membantu mengalirkan air untuk tanaman. Prinsip kerjanya seperti sistem irigasi.

Sedangkan, untuk metode sumbu Anda membutuhkan sumbu atau kain yang memiliki daya serap tinggi. Selanjutnya, Anda celupkan di air. 

  • Meletakkan Bibit 

Anda potong spons, kemudian bibit tanaman diletakkan di atasnya. Spons tersebut dimasukkan pada gelas plastik. 

  • Memberi Pupuk 

Tanaman harus dipupuk secara rutin agar tumbuh lebih subur. Dengan demikian, buah dan sayur yang dihasilkan memiliki kualitas bagus.  Anda dapat membeli di toko pertanian atau membuat sendiri dengan memanfaatkan kotoran hewan, dedaunan, gula, bioaktivator dan air.

Langkah-langkah untuk menanam buah maupun sayur dengan sistem hidroponik sangat mudah, bukan? Silahkan Anda coba mempraktekkannya di rumah. Alat bahan yang dipakai mudah ditemukan dan cara perawatannya juga mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *