4 Cara Menata Rumah Anak Agar Aman Saat Bermain Di Tangga

4 Cara Menata Rumah Anak Agar Aman Saat Bermain Di Tangga

Seiring dengan pertumbuhan, selain lebih aktif anak juga tertarik untuk menjelajahi rumah. Oleh karena itu, penataan barang menjadi poin utama yang wajib diperhatikan. Tata letak yang kurang tepat bisa mengancam keselamatan buah hati. 

Cara Menata Rumah Agar Saat Bermain Di Tangga Aman 

  1. Pilih Furnitur Bersudut Tumpul

Anda disarankan untuk membeli furnitur yang berujung tumpul karena lebih aman. Sudut yang tajam dapat membahayakan jika mengenai anak. Namun, saat di rumah terlanjur ada maka Anda bisa melapisi ujungnya dengan plastik. 

  • Pilih Lemari Tertutup

Lemari yang tertutup sangat direkomendasikan agar barang-barang di dalamnya tidak jatuh menimpa anak. Selain itu, meminimalisir anak mengambil barang secara sembarangan. Jika lemari dilengkapi kunci akan lebih baik lagi. 

Lemari juga berfungsi untuk menyimpan berbagai barang atau mainan sehingga tidak tersebar di lantai, tangga dan area lainnya. 

Apabila barang berserakan maka akan mengganggu pergerakan anak di tangga. Hal ini cukup beresiko karena berpotensi membuat anak terpeleset. 

Apalagi jika diantara barang-barang tersebut ada yang mudah pecah maka semakin riskan jika terinjak kaki atau bahkan dipegang anak. Pecahan kaca bisa melukai kulit anak.  

  • Memberi Pembatas Tangga

Pada umumnya anak sangat aktif bergerak, apalagi ada tangga tentu semakin meningkatkan daya tarik untuk bermain. Oleh karena itu, di ujung tangga harus ada pembatas berbentuk pagar yang jauh lebih tinggi dari tubuh anak.

Hal ini bermaksud agar anak selalu terkontrol oleh orang tua ketika naik turun atau melakukan aktivitas lainnya di tangga. Anda juga perlu memberi penjelasan kepada anak disertai alasan yang jelas mengenai arti penting pembatas bagi keselamatan diri. 

  • Kabel Dan Stop Kontak Ditata Rapi

Kerapian peralatan tersebut selain menambah estetika rumah juga dapat menghindari anak tersandung. Selain itu, pastikan stop kontak dalam kondisi tertutup karena berbahaya jika disentuh anak. 

Anda harus pandai dalam hal penataan rumah yang baik dan tepat agar tampak cantik dan tetap mengutamakan keamanan bagi anak untuk bermain. Dengan demikian, dapat meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *