Tips Menata Rumah Yang Aman Bagi Balita Aktif

Tips Menata Rumah Yang Aman Bagi Balita Aktif

Pada masa balita, seorang anak sedang mengalami pertumbuhan yang ditandai dengan bergerak sangat aktif. Rumah menjadi tempat favorit untuk bemain, memanjat dan berlari-larian. Anda sebagai orang tua harus memastikan agar anak bisa bermain dengan aman di rumah.

Misalnya dengan memperhatikan penataan rumah dengan baik. Anda dianjurkan untuk tidak meletakkan furnitur secara sembarangan karena dapat membahayakan keselamatan dan membuat anak tidak leluasa dalam bergerak. Yuk, intip cara penataan rumah terbaik yang memberi keamanan balita Anda. 

Cara Menata Rumah Agar Aman Untuk Balita

  • Meja

Menggunakan meja bundar yang memiliki ujung membulat adalah pilihan yang sangat tepat. Apabila di rumah terlanjur memiliki meja berujung lancip maka Anda beri bumper di sudutnya. Anda bisa membelinya di toko perabotan rumah.  

  • Sofa

Sofa dengan bahan yang mudah dibersihkan dan dicuci sangat cocok untuk dipilih. Selain itu, cover sofa diusahakan bisa dibuka sehingga akan mempermudah Anda saat mencucinya. 

Pasalnya, Anda juga harus memperhatikan higienitas setiap furnitur di rumah. Hal ini penting agar balita terbebas dari bakteri maupun residu yang menjadi penyebab alergi. Contohnya adalah debu atau serat-serat halus.  

  • Rak Buku Dan Lemari

Anak balita cenderung lebih suka memanjat berbagai perabotan seperti lemari dan rak buku. Hal ini tentu berbahaya jika tiba-tiba jatuh dan mengenai sang anak. 

Seorang dokter anak bernama Dr. Ben Hoffman menganjurkan untuk mematok atau menempelkan rak maupun lemari pada dinding. 

Apabila ada barang pecah belah atau benda-benda kecil yang memungkinkan untuk ditelan si kecil maka alangkah baiknya jika ditempatkan pada bagian yang tidak mudah dijangkau oleh anak. 

  • Tempat Tidur

Anda gunakan tempat tidur yang lebih rendah dan di bawah tempat tidur diberi matras. Tujuannya adalah untuk menjamin keselamatan anak saat bermain maupun tidur di atasnya. Selain itu, mencegah anak terkena benturan benda keras ketika terjatuh. 

Anda harus  berhati-hati dalam mengatur rumah jika memiliki balita. Keselamat buah hati  harus lebih diprioritaskan. Anda dapat menerapkan beberapa tips di atas demi menciptakan area bermain yang aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *