6 Tips Membuat Rumah Ramah Lingkungan

6 Tips Membuat Rumah Ramah Lingkungan

Rumah bersih, nyaman, tenang dan aman adalah idaman setiap keluarga. Konsep pembuatan rumah tentu saja berdasarkan pada kebutuhan setiap penghuninya. Ada yang menginginkan rumah mewah, minimalis, hemat energi, hingga ramah lingkungan. Lalu, bagaimana menciptakan rumah yang ramah lingkungan? 

6 Cara Mudah Membuat Rumah Ramah Lingkungan

  • Membuat Desain Dan Perencanaan Rumah

Rumah ramah lingkungan akan tercipta jika Anda melakukan perencanaan dan desain yang tepat untuk setiap ruangan. Hal paling penting untuk rumah semacam ini adalah jumlah jendela harus cukup, sehingga cahaya matahari bisa masuk ke dalam rumah dengan leluasa. Tidak lupa juga untuk memperhatikan detail letak taman atap/dinding, teras/halaman, dan kolam air. 

  • Memasang Panel Surya

Penggunaan panel surya saat ini sudah banyak diterapkan oleh masyarakat yang ingin menciptakan rumah ramah lingkungan. Tidak hanya menghemat tagihan listrik setiap bulannya, sumber listrik juga didapatkan dari alam yakni cahaya matahari di siang hari. Pemasangan benda ini untuk rumah Anda memang lebih mahal, tetapi manfaat besar akan terasa dalam jangka waktu yang lama. 

  • Memanfaatkan Barang Bekas di Sekitar Anda

Melakukan daur ulang barang bekas tidak akan mengurangi nilai dari rumah Anda. Jika bisa dimanfaatkan dengan baik dan benar, justru akan menambah nilai estetika dan keunikan rumah semakin tampak jelas. Misalnya, hiasan dinding yang terbuat dari susunan kaleng bekas. 

  • Pemakaian Produk Daur Ulang

Setelah melakukan daur ulang benda-benda di sekitar, Anda juga bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari dari produk daur ulang, seperti gas untuk memasak yang dibuat dari limbah hingga pemakaian furniture bekas yang sudah dicat ulang.

  • Menggunakan Pembersih Berbahan Alami

Jika menginginkan rumah yang sehat dan ramah lingkungan, sebaiknya Anda mulai mengurangi penggunaan pembersih dari bahan kimia. Hal ini memang terdengar sulit, tetapi bisa Anda lakukan sedikit demi sedikit. Beberapa bahan yang dapat dijadikan pembersih alami seperti baking soda, air lemon, cuka putih, beras, dan sebagainya. 

  • Memastikan Ketepatan Pengolahan Air untuk Area Rumah

Sistem pengolahan air di area rumah harus Anda kelola dengan baik guna menciptakan rumah yang eco-friendly. Pengolahan ini tidak hanya dari bagaimana cara penggunaan air, tetapi juga mencakup pengolahan limbah air rumah tangga.

Cara-cara mudah untuk menciptakan rumah ramah lingkungan seperti penjelasan di atas bisa Anda lakukan sebelum mulai membangun rumah. Jika Anda kurang memahami detail setiap tips di atas, Anda bisa meminta bantuan kepada arsitek yang lebih ahli sekaligus menyesuaikan konsep rumah yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *