10 Tips dan Trik dalam Mengoptimalkan Desain Interior

10 Tips dan Trik dalam Mengoptimalkan Desain Interior

Desain interior yang digunakan di dalam rumah akan membuat tampilan menjadi enak dipandang. Meskipun rumah tergolong minimalis, tetap saja desain interior harus tetap digunakan sebagai pemanis. Oleh sebab itu, Anda wajib mengetahui tips dan trik dalam mengoptimalkan desain interior rumah minimalis.

Tips dan Trik Mengoptimalkan Desain Interior

Sulap rumah minimalis Anda menjadi hunian yang sangat nyaman untuk disinggahi. Salah satu caranya adalah mengoptimalkan desain interior dengan sebaik mungkin. Dengan begitu, tampilan rumah menjadi lebih menarik untuk dipandang.

  • Pemilihan Warna Cerah untuk Dinding

Pemilihan warna cerah, sangat disarankan untuk digunakan pada dinding rumah. Hal ini bertujuan untuk membuat rumah tampak lebih luas. Anda bisa memilih warna putih, hijau muda, pastel, hingga hazelnut. 

  • Pilih Furniture Multifungsi

Penggunaan furniture di dalam rumah ternyata turut berdampak pada desain interior. Usahakan jangan terlalu besar dalam memilih furniture, agar tidak memakan banyak tempat. Anda bisa memilih furniture yang multifungsi agar tidak membeli banyak barang.

  • Pasang Cermin

Pemasangan cermin dapat menciptakan rumah menjadi lebih luas. Kondisi ini dapat terjadi karena efek dari ilusi optik. Anda bisa memilih cermin dalam berbagai bentuk. Usahakan sesuaikan dengan konsep dan tempat yang tersedia.

  • Batasi Penggunaan Sekat Ruangan

Sekat ruangan jangan terlalu banyak diterapkan di dalam rumah minimalis. Hal ini bertujuan agar rumah tidak terasa sempit. Akan lebih baik, jika sekat ruangan hanya diberikan di ruang tamu saja, sehingga akan membuat ruangan tengah dan dapur menjadi lebih lapang.

  • Gunakan Karpet dengan Motif Berulang

Penggunaan karpet dengan motif berulang sangat disarankan untuk diterapkan dalam rumah minimalis. Itu karena telah terjadi ilusi mata yang akan membuat ruang menjadi lapang dan cerah. Anda bisa meletakan karpet tersebut di ruang tamu, sehingga akan memperindah tampilan ruang tamu rumah. 

  • Penggunaan Wallpaper Dinding

Gunakan wallpaper dinding, sesuai dengan konsep rumah yang digunakan. Cara ini dapat Anda lakukan untuk membuat rumah tampak lebih menarik saat dipandang. Namun, jangan pernah menggunakan wallpaper untuk seluruh dinding rumah karena akan menciptakan suasana sesak.

  • Gunakan Ubin Pola Garis-Garis

Penggunaan ubin lantai dengan pola garis-garis akan menciptakan kesan luas pada rumah. Usahakan ketika memasang ubin pola yang dihasilkan tidak putus. Tujuannya agar tidak merusak ilusi mata yang diciptakan.

  • Gunakan Jendela Ukuran Besar

Buat jendela dengan ukuran besar agar sinar matahari mudah masuk ke dalam rumah. Dengan begitu, Anda tidak perlu menggunakan lampu ketika siang hari. Kemudian pasang gorden besar untuk menciptakan kesan tinggi pada rumah Anda. 

  • Batasi Penggunaan Pintu

Batasi penggunaan pintu yang memisahkan setiap ruangan. Itu karena akan mengganggu ruang gerak Anda ketika berada di dalam rumah. Bahkan pintu tersebut akan membuat rumah menjadi lebih sempit. Sangat lebih baik jika setiap ruang dibiarkan lapang saja, sehingga rumah tampak lebih luas.

  • Hias Plafon dengan Stiker Khusus

Penggunaan stiker khusus pada plafon rumah akan menambah kesan menarik. Misalnya plafon di ruang tamu, menggunakan stiker awan yang terlihat natural. Usahakan untuk memilih stiker dengan motif yang sesuai dengan ruangan. 

Ketika membangun rumah, usahakan untuk memikirkan desain interior yang cocok untuk menciptakan suasana menjadi lebih nyaman, sehingga para penghuni rumah bisa merasa betah di dalamnya. Meskipun rumah tergolong minimalis, tetap saja Anda wajib mendesainnya dengan sebaik mungkin. Tujuannya agar dapat menarik siapa saja yang memandang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *